Treatability Study menuju Ecoproductivity industri jamu

Posted by admin
Category:

Tata Tirta Utama telah melakukan pekerjaan treatabilty study di salah satu perusahaan jamu/herbal yang sudah cukup ternama di daerah Semarang, Jawa Tengah. Uji treatability umumnya menggunakan mini plan IPAL yang akan diuji limbahnya. Tujuan treatibility study adalah mengelola sumber-sumber air limbah yang ada agar meminimalkan timbulan limbah, mendapatkan karakteristik air limbah, serta mencari sistem IPAL sesuai dengan karakteristik air limbahnya.

Secara tidak langsung pekerjaan treatabily study bergerak menuju pada kegiatan peningkatan efisiensi atau ecoproductivity yang ada di industri tersebut. Kegiatan ecoproductivity akan mengurangi timbulan limbah sehingga akan menghemat pemakaian bahan baku, pemakaian bahan pendukung, serta sumber daya berupa air dan energi.

Pada akhirnya dengan treatability study akan meningkatkan efisiensi pengoperasian IPAL serta mempermudah perencanaan desain IPAL yang akan dibangun. Target utamanya adalah pemenuhan baku mutu efluen, rendah biaya investasi,juga rendah biaya operasi dan perawatanya.

Leave a Reply